A. Pengertian E-Commerce
Adanya
komersial internet di awal tahun 1990-an maka muncul istilah ElectronicCommerce.
Alasan bagi pesatnya perkembangan teknologi tersebut karena perkembangan
jaringan, software, meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.
‘’E-commerce adalah istilah yang
digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui internet.’’. jadi E-Commerse pada umumnya merujuk pada semua
bentuk transaksi komersial yang menyangkut organisasi dan individu yang
didasarkan pada pemrosesan dan transmisi data yang digitalisasikan, termasuk
teks, suara dan gambar.
B. Jenis-Jenis E-Commerce
1. Business-To-Business
(B2B)
Pada business-to-business,
perusahaan menjual untuk
bisnis-
bisnis lainnya. B2B adalah segmen E-Commers yang
paling
besar. Per 2006, sebagian besar $16 trilyun
perdagangan
B2B
di Amerika Serikat akan dilakukan pada
Internet.
Sebelum
Internet, B2B secara relatif tidak efisien.
Dia
membutuhkan
waktu dan sumber daya untuk pencarian produk,
mengatur
pembelian dan pembayaran, mengatur pengiriman,
dan
kemudian untuk menerima barang.
Dengan
mengotomatiskan paling sedikit bagian dari
proses pengadaan tersebut diatas
dapat dipersingkat, berarti
biaya-biaya organisasi dapat dihemat.
2. Business-To-Consumer (B2C)
Pada business-to-consumer, bisnis on-line mencoba untuk
menjangkau
konsumen individu.
Kita dapat menguji model yang berbeda bahwa
bisnis
on-line
digunakan untuk menghasilkan pendapatan. Pada
advertising
revenue model, suatu Web site menawarkan
informasi
para penggunanya atas jasa dan produk, dan
menyediakan
suatu kesempatan untuk penyedia untuk
mengiklankannya.
Dan perusahaan menerima pembayaran dari
iklan
tersebut.
Contohnya, Yahoo.Com
memperoleh pendapatan utamanya
dari
penjualan iklan seperti banner ads.
3. Consumer-To-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer
mengijinkan konsumen untuk menjual satu sama lain dengan bantuan dari pembuat
pasar on-line seperti situs lelang eBay Inc. (www.Ebay.Com). Di dalam C2C,
konsumen menyiapkan produk untuk pasar,
menempatkan produk yang dijual atau tersedia pada pelelangan, dan mempercayakan kepada pembuat pasar untuk
menyediakan kemampuan transaksi dan search engine, sehingga produk mudah
ditampilkan, ditemukan, dan dibayar. Sebagai
gantinya penyedia pasar, eBay menerima sedikit komisi atas masing-masing penjualan.
4. Peer-To-Peer (P2P) E-Commerce)
Peer-to-peer,
menghubungkan ke pengguna, membiarkan mereka
untuk berbagi file dan sumber daya komputer tanpa server umum.
Memfokuskan untuk membantu individu membuat informasi yang tersedia untuk penggunaan seseorang dengan menghubungkan para pemakai pada Web. Contoh situs P2P adalah
Napster.Com Dan My.Mp3.Com.
Teknologi kedua-duanya digunakan dengan
mengijinkan konsumen untuk berbagi file dan jasa.
5. M-Commerce
M-Commerce menyediakan
akses ke seseorang, setiap waktu, kapan
saja dan dimanapun yang menggunakan alat tanpa kabel. Jaringan tanpa kabel (wireless network)
menghubungkan para pemakai mobile ke Internet. Sebagai contoh, Amazon.Com telah
membuat situsnya yang dapat diakses oleh alat mobile tanpa kabel. Seperti
kebanyakan telepon selular yang semakin
meningkat dan rata-rata telah tersedia
dengan fasilitas WAP.
6. Nonbusiness E-commerce
Lembaga non bisnis
seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi sosial dan
lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk
mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik
7. Intrabusiness (organiszational) E-commerce
Termasuk
kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet
yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.
C. Manfaat E-Commerce
a. Keuntungan
1. Bagi
konsumen/pelanggan
a)
memungkinkan pelanggan untuk berbelanja
atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir
setiap lokasi.
b)
memberikan lebih banyak pilihan kepada
pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
c)
menyediakan produk-produk dan jasa yang
tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan
melakukan perbandingan secara cepat.
d)
memberi tempat bagi para pelanggan untuk
berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran
serta berbagai pengalaman.
2. Bagi
perusahaan
a) Perusahaan-perusahaan
dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia.
b) Memungkinkan
perusahaan untuk memperoleh barang atau layanan dari perusahaan lain secara
cepat dengan biaya yang minimal.
c) Mempersingkat
atau mengurangi jalur distribusi pasar. Barang jadi lebih murah dan keuntungan
menjadi lebih tinggi.
d) Mengurangi
(sebanyak 90%) biaya pembuatan, proses, penyaluran, penyimpanan, dan
mendapatkan informasi dengan adanya proses digital.
b. Kerugian
1. Bagi
konsumen
a)
Perlunya Keahlian Komputer
b)
Biaya tambahan untuk mengakses internet
untuk ikut serta dalam
e-commerce dibutuhkan koneksi internet
yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen .
c) Berkurangnya waktu untuk
berintergrasi secara langsung dengan orang lain
d)
Berkurangnya rasa kepercayaan konsumen
2. Bagi
perusahaan
a)
Berkurangnya rasa kepercayaan konsumen
b)
Persaingan tidak sehat
c)
Masalah kompabilitas teknologi lama dengan
yang lebih baru
Komentar
Posting Komentar